Makanan berbuka yang unik dari berbagai negara.

Menu Unik Buka Puasa, Coba Makanan Khas dari 12 Negara IniMenu Unik Buka Puasa, Coba Makanan Khas dari 12 Negara Ini

Makanan berbuka yang unik dari berbagai negara.
Makanan-makanan berikut termasuk dalam kategori unik di negara asalnya. Kamu pasti ingin mencobanya!

1. Pide – Turki, bentuknya seperti pizza dilipat, ya.

Saat Bulan Ramadhan tiba, di Turki makanan yang bernama Pide akan muncul dan disantap sebagai makanan buka puasa. Pide terbuat dari tepung yang diberi topping sosis, daging, sayuran seperti pizza.

2. Tampaknya perut akan hangat nih, ketika makan Medames – Mesir. 

Warga Mesir akan memasak medames sebagai makanan buka puasa mereka. Medames merupakan makanan khas Mesir yang terbuat dari campuran kacang, minyak sayur, bawang merah, bawang putih.

3. Wah, ini juga segar. Kuah Harira dari Maroko ini seperti gulai. Kamu pasti ngiler!

Maroko sangat terkenal dengan makanannya yang terbuat dari kambing. Kali ini, makanan yang disajikan sebagai makanan buka puasa di Maroko adalah sup yang berisi potongan daging kambing dan terbuat dari bumbu-bumbu seperti jahe dan merica.

4. Kalau makan Fesenjan dari Iran ini sih, dijamin langsung kenyang.

Fesenjan tradisional terbuat dari ayam atau bebek sebagai bahan utama. Kemudian Fesenjan ini disajikan bersama nasi putih atau kuning sebagai pendampingnya sebagai makanan untuk buka puasa.

5. Jangan terlalu banyak ketika mengambil nasi Briyani dari Singapura ini. Nanti kamu lupa salat Magrib, loh!

Nasi Briyani merupakan makanan favorit yang disajikan sebagai makanan buka puasa di negara Singapura. Nasi Briyani terdiri dari nasi yang dibumbui kari sehingga rasanya sangat lezat.

6. Kalau India punya Hyperabad Haleem. Tampilannya seperti kari ya?

Di India, banyak makanan yang akan dipilih sebagai menu buka puasa tetapi salah satunya yang populer saat Bulan Ramadhan adalah Hyperabad Haleem. Makanan tersebut merupakan bubur gandum yang dicampur dengan daging domba.

7. Kalau kurma asal Arab Saudi sih, memang kudapan wajib ketika adzan Magrib berkumandang ya.

 
Sebenarnya kurma juga banyak di konsumsi di negara lain selain Arab Saudi. Tetapi, buah kurma menjadi makanan wajib buka puasa bagi warga Arab Saudi. 

8. Wah siapa yang tega menolak kolak dari negeri sendiri, Indonesia.

Indonesia sangat terkenal dengan makanan buka puasanya yaitu kolak. Biasanya sirup akan disajikan dengan isian pisang, ubi dan nangka serta tambahan isian lainnya. Kolak terbuat dari santan, gula merah dan daun pandan.

9. Mending menikmati kepiting rebus dari Brunei Darussalam ini usai tarawih, sih. Biar santai makannya.

Brunei Darusallam memiliki kebiasaan yang berbeda dari negara lainnya. Jika negara lain memilih makanan yang manis untuk berbuka, Brunei memilih kepiting rebus sebagai makanan populer buka puasa.

10. Lahm lhalou asal Algeria enak banget ini kalau disajikan dengan nasi panas.

Lahm lhalou menggunakan daging domba sebagai bahan utama. Makanan pembuka tersebut rasanya dibuat manis dan sangat populer bagi warga Algeria di saat Bulan Ramadhan.

11. Samosa dari Pakistan bisa jadi solusi ketika macet di jalan.

Makanan yang berbentuk segitiga ini beisi potongan daging-daging domba, kentang, lentils, dan bawang. Samosa merupakan makanan favorit untuk buka puasa di Pakistan.

12. Dijamin perut berhenti keroncongan berkat nasi lemak, Malaysia.

Di Malaysia, nasi lemak menjadi pilihan menu favorit buka puasa. Orang disana menganggap, makan gak lengkap tanpa menyantap Nasi Lemak.
Unik-unik ya makanan buka puasa di negara-negara muslim di atas? Ternyata gak hanya Indonesia yang punya makanan favorit dan wajib saat bulan Ramadhan tiba.

Komentar